Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Monday, January 20, 2020

Gempa Mamasa, Dirasakan Hari Ini, BMKG: Magnitudo 3.5 SR




IDN NINJA - Live Gempa ini hari mengguncangkan lokasi Mamasa serta sekelilingnya pada 19:19:59 WIB, Minggu, 19 Januari 2020. 

Data BMKG tunjukkan gempa bumi itu memiliki kekuatan Magnitudo 3.5 SR. Tubuh Metereologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa Mamasa itu ada pada titik koordinat 2.85 LS 119.48 BT. 

Baca JugaPolisi Selidiki 25 Pohon Ganja Di gunung Guntur

Dikutip dari BMKG, pusat gempa ada di darat 18 Km TimurLaut Mamasa. BMKG memperingatkan supaya warga di Mamasa waspada kekuatan gempa susulan. 

Berdasar data yang dikeluarkan BMKG, guncangan karena gempa Mamasa ini hari dirasa pada beberapa tempat berikut (rasio MMI): II-III Mamasa Untuk didapati, sejumlah besar daerah Indonesia terhitung wilayah riskan gempa. 

Mengacu pada data BMKG, sepanjang 1976‐2006 saja, terjadi 3.486 gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 6,0.  

Apa pemicu gempa bumi? Dari sisi pemicu, gempa bumi dapat dibedakan dalam 2 tipe. Pertama, gempa tektonik yang berlangsung sebab gerakan/perubahan susunan batuan di kulit bumi, dengan tiba‐tiba. 

Ini berlangsung karena gerakan lempeng‐lempeng tektonik. Disamping itu gempa juga bisa berlangsung sebab kegiatan gunung api. 

Gempa tipe ke-2 ini disebutkan gempa bumi vulkanik. Gerakan susunan batuan di bumi dengan tiba‐tiba bisa membuahkan daya yang dipancarkan ke semua arah berbentuk gelombang seismik. 

Waktu gelombang itu sampai permukaan bumi, getarannya dapat mengakibatkan kerusakan segala hal, seperti bangunan, bisa memunculkan korban jiwa. 

Sesaat di hari ini, tidak hanya di Mamasa, gempa juga berlangsung di lokasi Indonesia yang lain 


#share:

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman