Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Tuesday, January 21, 2020

Apa Itu Omnibus Law yang Didemo Buruh di DPR ?, Berikut Penjelasanya





IDN NINJA - Beberapa buruh ini hari, Senin (20/01/2020) mengadakan tindakan demonstrasi tolak omnibus law di muka DPR, Senayan, Jakarta. Beberapa polisi juga sudah bersiaga dengan bawa 6.000 personil. Lalu, omnibus law apa itu? 

Pemerintah akan ajukan dua RUU omnibus law cipta lapangan kerja serta omnibus law perpajakan pada DPR. Ke-2 ketentuan itu juga dikenal dengan nama UU Sapu Jagat. Apa berarti? 

Baca Juga : Demo Buruh Tolak Kenaikan Iuran BPJS Omnibus

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) omnibus law adalah jawaban dari keluhan beberapa aktor usaha yang sejauh ini tidak bebas dalam berekspansi. Gagasannya, UU omnibus law akan membuat revisi 1244 klausal dari 79 UU. 

Maka, omnibus law ini berarti ketentuan yang disediakan buat menguatkan perekonomian nasional lewat perbaikan ekosistem investasi serta daya saing Indonesia, terutamanya dalam hadapi ketidakpastian serta perlambatan ekonomi global. 

Mengenai, omnibus law cipta lapangan kerja meliputi 11 klaster dari 31 kementerian serta instansi berkaitan. Mengenai, 11 klaster itu ialah 1) Penyederhanaan Perizinan, 2) Kriteria Investasi, 3) Ketenagakerjaan, 4) Keringanan, Pemberdayaan, serta Perlindungan UMKM, 5) Keringanan Berupaya, 6) Suport Analisa serta Pengembangan, 7) Administrasi Pemerintahan, 8) Pengenaan Sangsi, 9) Penyediaan Tempat, 10) Investasi serta Project Pemerintah, serta 11) Lokasi Ekonomi. 

Sedang, omnibus law perpajakan meliputi 6 pilar, yaitu 1) Permodalan Investasi, 2) Skema Teritori, 3) Subyek Pajak Orang Pribadi, 4) Kepatuhan Harus Pajak, 5) Keadilan Iklim Berupaya, serta 6) Sarana. 

Omnibus law sendiri sudah masuk dalam program Legislasi Nasional (Prolegnas) Super Prioritas 2020. Jokowi mengharap DPR bisa mengakhiri UU omnibus law dalam tempo 100 hari. 

"Kita harap DPR minta selekasnya mengakhiri (UU omnibus law) optimal 100 hari. Cepat sekali jika ini berlangsung. Saya akan angkat dua jempol jika DPR dapat tuntaskan ini dalam 100 hari," papar Jokowi waktu hadiri acara pertemuan tahunan industri layanan keuangan Tahun 2020 di grand ballroom, The Ritz Carlton Pacific Place (PP), Jakarta, Kamis (16/1/2020). 

Nah, mudah-mudahan keterangan Omnibus law apa itu berarti dapat menjawab pertanyaan kita ya



No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman