Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Monday, December 2, 2019

5 Siasat Realme | Xiaomi Akan Di Salip Dalam 13 Bulan

    IDN Ninja - Realme Vs Xiaomi

Teknologi - Realme terhitung pabrikan yang cukup lincah bersiasat untuk kuasai pasar hp Indonesia. Karena, periode waktu 13 bulan, perusahaan ini sukses mendahului Xiaomi serta masuk dalam tempat 4 brand hp paling besar di Indonesia, menggeser Xiaomi di tempat ke lima. 

Meskipun begitu, angka pengapalan keduanya sebetulnya cuma berbeda tipis, 12,6 % (Realme) versi 12,5 % (Xiaomi). Ini berdasar catatan pengapalan perusahaan analisa pasar IDC pada kuartal tiga 2019 (periode Juli-September). Pengapalan ialah jumlahnya hp yang dikirim dari pabrik ke distributor. 

"Kami tidak menduga akan sampai tempat 4 secepat itu," jelas Merek Manajer Realme Indonesia Palson Yi saat interviu. 

BACA JUGAPendiri Telegram Sarankan Uninstal Whatsapp

Yi serta Analis pasar IDC Indonesia Risky Febrian Analis pasar IDC Indonesia Risky Febrian juga memaparkan beberapa hal yang membuat prestasi Realme moncer jadi brand hp yang tumbuh paling cepat di pasar Indonesia. 


1. Harga sama 

Sama dengan sang "kakak" Oppo serta Vivo, Realme mengaplikasikan taktik penjualan dengan mengaplikasikan harga jualan yang sama di semua jalan distribusinya. 

"Taktik Realme jaga harga sama di semua posisi, hingga ini jadi agunan buat customer dapat mendapatkan harga sama beli dimana saja," jelas Risky. 

Menurut Risky, kestabilan untuk sediakan produk pada harga yang sama di online serta off line adalah satu diantara kunci Realme dapat berkibar di pasar. 

2. Penawaran Kualitas serta harga 

Menurut Risky, Realme sukses mendatangkan harga yang bersaing dari hp dengan detail sama di pasar. Dia juga menyebutkan design Realme membuat dobrakan di pasar, walau tidak mengatakan dengan detil design apakah yang dimaksud. 

perusahaan ini cukup agresif tawarkan tehnologi paling baru pada harga cukup bersaing. 

Beberapa salah satunya seperti hp dengan Snapdragon 855 plus (Realme X2 Pro-mulai Rp7,8 juta), hp dengan empat camera (quad kamera) berteknologi 64 MP (Realme XT-mulai Rp3,9 juta), atau hp dengan camera depan pop-up (Realme X-mulai Rp3,799 juta). 

"Kami ingin disruptor (pengganggu) pasar. Contoh, pada kisaran harga Rp1-2 juta, kami ingin tawarkan hp dengan detail yang terbaik. Kami memperkenalkan hp dengan (chipset) Snapdragon seri 6 pada harga kurang dari Rp2 juta," jelas Yi . 

Menurut Risky, pasar pemakai hp menengah di Indonesia benar-benar peka pada harga serta design hp. Hingga, produsen yang dapat memberi harga dapat dijangkau jadi satu diantara resep penting. 


Diluar itu, Realme aktif mengeluarkan produk baru ke pasar. Terhitung dalam 13 bulan, Realme sudah melahirkan 12 hp di Indonesia. Ini bermakna bila dirata-rata perusahaan itu mengeluarkan hp baru hampir setiap bulan untuk mengarah semua fragmen pasar. 

Dalam tempo 13 bulan juga, Realme sudah jual tiga juta unit hp. Bermakna, rata-rata setiap bulan Realme dapat jual seputar 230 ribu unit hp. 

3. Stock cukup 

Palson jamin semua hp yang dikeluarkan Realme tidak 'gaib' atau hilang dalam sekejap. Realme jamin stock hp yang cukup untuk penuhi jumlah keinginan pasar. 

"Stock tiap kami kenalkan produk kami yakinkan jika akan punyai stock banyak. Jadi customer dimana juga ingin beli dapat," kata Palson. 


4. Service purna jual 

Untuk masalah service purna jual, Realme sekarang masih bekerja bersama dengan Oppo. Hingga, beberapa pemakai Realme dapat melakukan perbaikan hp mereka di 117 gerai perbaikan Oppo di semua Indonesia. Meskipun begitu, menurut Yi, ke depan Realme akan mempersiapkan service purna jual terpisah. 

5. Word of mouth 

Tetapi, dari semua taktik itu, menurut Yi jurus jagoan Realme yang penting ialah pemasaran dari mulut ke mulut alias word of mouth. Diluar itu, Yi menyebutkan jika mereka juga benar-benar menghormati input dari pemakai masalah beberapa produk mereka. 

"Kami benar-benar menghormati rekanan dengan media serta influencer. Sebab kemampuan word of mouth serta merek repetition (perulangan brand di pasar) [...] Word of mouth lebih penting dari iklan, karenanya testimoni jujur dari pemakai," jelas Yi. 

Menurut Risky, pemasaran adalah satu diantara faktor penting untuk memenangi pasar Indonesia. Tetapi, Risky mengaku jika Realme memang dapat unggul karena pemasaran dari mulut ke mulut yang kencang. 

"Selama ini, banyak brand yang masuk top 5 sebab iklan mereka jor-joran. Ini membuat mindshare mereka besar, sebab orang indonesia price sensitive serta marketing," lugasnya. 


#IDNninja




SHARE:

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman