Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Wednesday, July 8, 2020

Rupiah Unjuk Gigi Terhadap Dolar AS, Mata Uang Asia Tunduk


IDN NINJA - Nilai ganti rupiah ada di tempat Rp14.410 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Rabu (8/7) sore. Mata uang Garuda kuat 0,21 % jika dibanding perdagangan tempo hari sore di level Rp14.440 per dolar AS.

Disamping itu, kurs rujukan Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) tempatkan rupiah di tempat Rp14.460 per dolar AS atau kuat dibanding tempat tempo hari, yaitu Rp14.456 per dolar AS.

Penguatan rupiah pada dolar AS sore hari ini kebalikannya dengan pelemahan sebagian besar mata uang di teritori Asia. Yen Jepang menurun 0,04 %, dolar Singapura 0,05 %, rupee India 0,11 %, yuan China 0,04 %, serta baht Thailand 0,03 %.

Disamping itu, mata uang di negara maju masih bergerak variasi. Poundsterling Inggris terkoreksi 0,1 % serta dolar Australia 0,12 %. Sebaliknya, dolar Kanada kuat 0,01 % serta franc Swiss menurun 0,08 %.

Analis sekaligus juga Kepala Analisa Monex Investindo Ariston Tjendra mengutarakan penguatan rupiah masih didorong oleh bauran kebijaksanaan yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) dengan pemerintah.

Di sini, BI dapat menolong pemerintah dalam sediakan dana untuk pemulihan ekonomi nasional melalui pembelian obligasi di pasar primer.

"Rupiah kuat tipis, ada peluang masih dibantu oleh sentimen positif pada rangsangan BI untuk menolong pemerintah mengembalikan ekonomi ditengah-tengah epidemi virus corona," papar Ariston pada CNNIndonesia.com.

Namun, sebagian besar warga masih tetap cemas dengan kenaikan penyebaran virus corona di Indonesia. Oleh karenanya, penguatan rupiah masih nampak tipis.

"Kecemasan pada kenaikan penyebaran virus corona belum hilang, hingga berlangsung tarik menarik di antara sentimen positif serta negatif," jelas Ariston.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman