Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Saturday, May 16, 2020

Air Zamzam Tidak Pernah Kering, Ini Alasanya



IDN NINJA - Air Zamzam dikenal berbeda dari air natural dalam perihal mineral serta fitur radiologis. Bermacam riset sudah dicoba buat mengeksplorasi mutu mitos air tersebut, paling utama buat mengeksplorasi khasiatnya.

Untuk umat Islam, Zamzam merupakan air suci yang dapat melenyapkan dahaga serta jadi obat seluruh penyakit. Sumber air ini terletak di wilayah Mekah, salah satu kota sangat suci untuk umat Islam.

Mengutip Egypt Today, profesor geologi serta sumber energi air di African Research Institute Abbas Sharaqi berkata Zamzam awal kali timbul merupakan dekat 4000 tahun cocok kalender Hijriah. Sebaliknya sumur Zamzam terletak di sebelah timur Kabah ataupun 21 m dekat taman Masjid Al- Haram.

Semenjak awal ditemui, sumur Zamzam tidak sempat kering. Sharaqi mengatakan reservoir tersambung ke air tanah yang terbarukan. Sehingga, ia mengatakan sumur Zamzam tidak hendak mengering kecuali dalam keadaan tertentu.

" Air tanah bisa terbarukan, semacam yang terdapat di sumur Zamzam," kata Sharaqi.

Baca JugaCara Dapat Surat Izin Keluar Masuk Jakarta saat PSBB

Secara khusus, Sharaqi berkata sumber air di sumur Zamzam berasal dari endapan hujan yang terjalin di Mekah. Ia mengatakan terdapat endapan sungai sedalam 14 m yang diakibatkan oleh air hujan di pegunungan yang jatuh ke dataran rendah serta berganti jadi endapan.

Ada pula proses terjadinya sumur Zamzam sedalam 14 m memerlukan jutaan tahun. Tetapi, Sharaqi mengantarkan kedalaman total sumur Zamzam menggapai 35 m. dimana sedimen sedalam 14 m serta 21 m bebatuan.

Dalam riset bertajuk Mineral Composition and Health Functionality of Zamzam Water yang diterbitkan pada tahun 2013, sumur Zamzam digali dengan tangan serta kedalaman dekat 30, 5 meter dengan diameter internal mulai dari 1, 08 sampai 2, 66 meter.

Dalam sebutan hidrogeologis, periset mengantarkan sumur Zamzam terletak di dalam wadi Ibrahim, yang mengalir lewat Kota Suci Mekah. Sumur itu pula menembus air tanah dari alluvium, pada tingkatan yang jauh lebih rendah serta dari batuan dasar yang baru.

Periset mengantarkan susunan atas sumur Zamzam sedalam 13, 5 meter ialah Alluvium Wadi Ibrahim. Di dasar susunan itu, periset menciptakan susunan batuan lapuk yang bisa ditembus air setebal 0, 5 meter.

Di dasar laporan itu ada susunan batuan dasar deorit sedalam 17 meter. Sebagian besar bagian aluvial sumur dilapisi dengan pendamping batu, kecuali buat bagian sangat atas 1 meter yang mempunyai kerah beton bertulang. Bagian batuan yang lapuk dilapisi dengan batu serta sediakan akses air utama ke dalam sumur.

Dikala ini, sumur Zamzam ditempatkan di ruang dasar tanah, dilindungi oleh panel kaca yang membolehkan pemikiran yang jelas ke sumur. Pompa listrik digunakan buat menarik air dari sumur, mengambil alih tali serta ember tadinya.

Tidak terdapat wisatawan kecuali orang- orang terhormat yang diizinkan merambah ruang sumur serta sekitarnya. Di luar ruangan, terdapat zona layanan di mana air mancur Zamzam dingin serta wadah pengeluaran disediakan buat keperluan minum. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman