Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Saturday, January 25, 2020

Gong Xi Fat Cai & Ucapan Selamat Imlek 2020







IDN NINJA - Imlek atau Tahun Baru Cina 2020 tahun ini jatuh pada Sabtu, 25 Januari. Gong xi fa cai ialah perkataan paling biasa waktu perayaan Imlek. "Gong xi" bermakna "selamat" dan langkah untuk ucapkan gembira. "Fa cai" berarti jadi kaya atau membuahkan uang. Jadi ucapkan gong xi fa cai bermakna mengharap gembira serta kemakmuran di tahun baru. 

Baca JugaTukang Tahu Cantik Viral Sudah Menikah

Walau banyak digunakan jadi perkataan biasa selamat tahun baru Imlek, arti "Gong Xi Fa Cai" dipandang tidak mempunyai representasi kuat. Sebab dengan harfiah, berarti "mudah-mudahan memperoleh makin banyak kekayaan." 
“Beberapa yakin jika arti itu lebih fokus pada keuntungan material dibanding semangat kebersamaan,” kata dosen senior jurusan Studi China Universiti Malaya Prof. Dr. Yam Kah Kean, seperti dikutip The Star. 

Tidak hanya gong xi fa cai, xin nian kuai le dapat juga jadi perkataan Tahun Baru. "Kuai le" bermakna "bahagia" atau "senang," serta "xin nian" bermakna "tahun baru." Xin nian kuai le ialah langkah untuk ucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina pada rekan tanpa ada mengacu uang, finansial, atau materi. 







Karena itu, dia memandang, perkataan untuk Imlek yang lebih pas serta representatif ialah “Xin Nian Kuai Le” yang bermakna “Selamat Tahun Baru." Selain itu, dalam bahasa Kanton biasa disebutkan “Sun Leen Fai Lok. 

” Tidak hanya dua arti itu, seperti diambil The Finder, diketahui juga perkataan “Nian Nian You Yu,” yang bermakna “semoga setiap tahun disudahi dengan kekayaan yang melimpah. 

” Perkataan selamat Imlek yang lain “Xin Nian Jin Pu” (mudah-mudahan mendapatkan perkembangan di tahun baru ini), “Wan Shi Ru Yi” (mudah-mudahan semua harapanmu tercukupi), “Shen Ti Jian Kang” (mudah-mudahan sehat tetap), serta “Sui Sui Ping An” (mengharap Anda terlepas dari semua celaka). 

Waktu Imlek, orang dewasa dapat juga memberikan amplop merah atau angpau pada beberapa anak dengan uang di dalamnya. Untuk mendapatkan angpau, beberapa anak umumnya akan ucapkan “Gong Xi Fa Cai, Hong Bao Na Lai.” Berarti, “Selamat Tahun Baru, saat ini berikan saya amplop merah!" 



#share:

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman