Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Tuesday, November 26, 2019

Sosok Ani Idrus Yang Menjadi Google Doodle


idn ninja - Situs pelacak Google tampilkan figur Ani Idrus jadi Google doodle ini hari. Sebetulnya siapa Ani Idrus yang ini hari berulang-ulang tahun ke-101 tahun itu? 

Disatukan dari beberapa sumber, Ani Idrus adalah wartawati kelahiran Sawahlunto, Sumatera Barat, 25 November 1918. Ani Idrus meninggal dunia di Medan, Sumatera Utara pada 9 Januari 1999 pada umur 80 tahun. 


Ani Idrus mulai jalani karier jadi wartawati semenjak tahun 1930. Ani Idrus pernah jadi jurnalis di beberapa media seperti Cahaya Deli sampai Politik Penyedar. 

Pada 1938, Ani Idrus bersama dengan suaminya, Mohammad Said menerbitkan majalah politik Ajakan Kita. Ani Idrus serta Said jadi pencetus media bikin bernama Siaga pada 1947 di Medan. 


BACA JUGA: Selamat Hari Guru, Vanessa Angel Berharap Selesaikan Pendidikan

Ani Idrus selanjutnya menerbitkan majalah Dunia Wanita pada 1949. Atas andilnya di dunia jurnalistik, Ani Idrus terima beberapa penghargaan. 

Diantaranya, Ani Idrus pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Penerangan RI pada 1990 jadi wartawan di atas 70 tahun yang masih berperan. Ia sempat juga mendapatkan penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 1959, piagam Pembina Penataran Tingkat Nasional dari BP7 pada 1979. 


Figur Ani Idrus diabadikan dalam perangko oleh Pos Indonesia. Figur Ani Idrus jadi perangko pada 2004. 

Ani Idrus bertindak di dunia pendidikan melalui beberapa sekolah yang bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Ani Idrus (YPAI). Ani Idrus bertindak jadi Ketua Sekolah Sepak Bola Siaga. 

Sekarang, figur Ani Idrus jadikan Google doodle. Dalam penampilan Google doodle, Ani kelihatan dilukiskan menggenggam pena serta koran dengan latar koran yang bersebaran.


#IDNNINJA





SHARE :

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman