Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Friday, May 29, 2020

Komet Raksasa Tengah Mendekat ke Bumi



IDN NINJA - Komet raksasa C/ 2017 K2 tengah mendekat ke Bumi serta hendak melintas pada Desember 2022.

Komet ini awal kali nampak pada 21 Mei 2017 serta difoto oleh teleskop ruang angkasa Hubble.

Dikala ini komet tersebut berjarak 10 Angkatan udara(AU)( astronomical unit) dari Bumi. Satuan Angkatan udara(AU) menampilkan jarak antara Matahari serta Bumi.

Dengan demikian komet ini masih terletak 10 kali jarak Bumi serta Matahari. Bila dikonversi jaraknya dekat 1, 5 miliyar km dari Matahari.

Tetapi, pengamat takjub dengan tingkatan kecerahan komet yang diamati pada 23 serta 24 Mei kemudian, semacam ditulis CNet.

" Jaraknya nyaris 10 UA dari Matahari, tetapi nampak sangat aktif serta cerah," cuit Astronom Con Stoitsis melalui account@vivstoitsis.

Baca JugaRidwan Kamil, Bandung perpanjang PSBB sampai 12 Juni 2020

Sehabis 3 tahun semenjak awal ditemui, komet ini masih dalam ekspedisi mendekat ke Bumi. Dikala itu, pengamat memandang jika komet ini sudah mulai menampakkan ekor debu yang diucap koma.

Ekor debu ini nampak kala komet mulai mendekati Matahari. Pengamat memperkirakan ekor komet ini hasil dari gesekan permukaan komet yang terdiri dari gas beku kala bergerak mendekati Matahari. Gas beku pada permukaan komet ini terdiri dari oksigen, nitrogen, karbon dioksida, serta karbon monoksida.

Komet ini ditengarai jadi komet yang ditemui dengan lintasan sangat jauh dari Matahari. Karena umumnya komet ditemui pada jarak yang lebih dekat dari Matahari.

" Mayoritas komet ditemui pada jarak yang lebih dekat ke Matahari di dekat orbit Jupiter. Sehingga kala kita menciptakannya, permukaan volatil( komet) telah terpanggang," jelas astronom Dokter. David Jewitt dari University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, semacam dilansir Sci News.

Teleskop Hubble menolong timpengamat unutk memperkirakan dimensi inti komet K2. Diperkirakan diameter inti sekiutar 12 miil serta panjang koma 10 kali diameter Bum 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman