Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Thursday, February 6, 2020

Gempa Jatim Bangkalan Hari Ini, 6 Februari 2020, Magnitudo 6.3 SR



IDN NINJA - Gempa ini hari berlangsung di dekat Bangkalan, Jawa timur pada 01:12:34 WIB, Kamis, 6 Februari 2020. Data BMKG memperlihatkan gempa Bangkalan, Jawa timur ini hari memiliki kekuatan Magnitudo 6.3 SR. 

Tubuh Metereologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) menginformasikan urutan pusat gempa Bangkalan, Jawa timur itu ada pada titik koordinat 6.43 LS 113.05 BT. Sedang kedalaman pusat gempa itu ialah 636 Km. 

Baca JugaTiga Perumahan Banjir Karena Tanggul Jebol

Disamping itu, berdasar data yang dikeluarkan BMKG, tempat pusat gempa Bangkalan, Jawa timur ini hari ada pada 69 km Timur Laut Bangkalan, Jawa timur. 

BMKG mengatakan gempa Bangkalan, Jawa timur ini hari tidak mempunyai potensi tsunami. 

Sejauh ini, guncangan karena gempa dengan kemampuan lebih dari magnitudo 5 ada yang dapat dirasa oleh masyarakat di daratan serta ada pula yang tidak. Status gempa dirasa atau mungkin tidak umumnya dikuasai oleh tingkat magnitudo, kedalaman pusat gempa serta jarak tempatnya dengan daratan. 

Untuk didapati, sejumlah besar daerah Indonesia terhitung wilayah riskan gempa. Mengacu pada data BMKG, sepanjang 1976‐2006 saja, terjadi 3.486 gempa bumi dengan magnitudo lebih dari 6,0. 
Sesaat dari sisi pemicu, gempa bumi dapat dibedakan dalam 2 kelompok. Pertama, gempa tektonik yang berlangsung sebab gerakan atau perubahan susunan batuan di kulit bumi, dengan tiba‐tiba. Kejadian itu berlangsung karena gerakan lempeng‐lempeng tektonik. Disamping itu, gempa dapat berlangsung sebab kegiatan gunung api. Tipe ke-2 ini disebutkan gempa bumi vulkanik. 

Gerakan susunan batuan di bumi dengan tiba‐tiba bisa membuahkan daya yang dipancarkan ke semua arah berbentuk gelombang seismik. Waktu gelombang itu sampai permukaan bumi, getarannya mempunyai potensi menyebabkan kerusakan, sama dengan bangunan, sampai memunculkan korban jiwa. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman