Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Sunday, February 2, 2020

Cek Fakta: 5 Pasien di Semarang Terduga Virus Corona Benarkah Ada ?





IDN NINJA - Tersebar satu content video yang mengklaim terdapatnya lima pasien tersangka virus corona di Semarang. Video ini beradar melalaui pesan berantai di Whatsapp. 

Warga yang tinggal di Semarang jadi takut atas beredarnya video itu. Seperti cuitan yang dibikin oleh account Twitter @aiscreamchoco, Sabtu (1/2/2020) di bawah ini. 

"Serem sekali, barusan papah kasih lihat 4 pasien yang di suspect terkena virus corona serta itu di Semarang dong, di kota rumah ku serem sekali," tulisnya. 

Baca JugaVirus Corona Sudah Sampai Ke Asia Tenggara

Begitu halnya cuitan dari @dani_sha24 yang menulis, "Ada video berita pasien corona masuk RSUD Karyadi Semarang, 4 orang 1 wafat, benar tidak sich" 

Video berdurasi 36 detik itu mengambil sumber dari laporan berita Kompas Pagi di Kompas TV. 

Penyiar berita menjelaskan, "Lima pasien virus corona dari beberapa rumah sakit di Semarang memperoleh perawatan serius di Rumah Sakit Umum Pusat dr. Kariadi Semarang. Satu dipastikan wafat, empat pasien yang lain mendapatkan perawatan intens di ruangan isolasi". 

Apakah benar ada lima pasien suspect virus corona di Semarang? 



Keterangan 

Berdasar pencarian serta cek bukti Suara.com, video 36 detik yang tersebar lewat Whatsapp memperlihatkan lima pasien suspect virus corona di Semarang adlaah tidak benar. Rekaman yang tersebar itu tidak komplet atau utuh. 

Insiden dalam video itu adalah simulasi perlakuan pasien virus corona di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang. 



Video selengkapnya ada dalam situs Kompas.tv yang diedarkan pada Jumat, 31 Januari 2020 berjudul "RS Kariadi, Semarang Gelar Simulasi Perlakuan Pasien Virus Corona". Berikut cuplikan kabarnya. 

"RSUP Dr. Kariadi Semarang, mengadakan simulasi waspada virus Corona. Ini dikerjakan untuk persiapan, serta kesiapan team RSUP Kariadi bila ada pasien terpengaruh virus Corona. 



Dengan cekatan beberapa team medis yang diperlengkapi baju spesial tertutup, bawa satu demi satu pasien ke ruangan isolasi UGD RSUP Dr. Kariadi Semarang. 

Satu demi satu pasien dibawa ke ruangan isolasi rawat di Ruangan Rajawali. Dari lima pasien yang terjangkit virus Corona itu, satu salah satunya di pastikan wafat." 

Kepala Pusat Data Info serta Komunikasi Kebencanaan BNPB Indonesia, Agus Wibowo merekomendasikan supaya warga tidak cemas dengan beredarnya video itu. 

Lewat cuitan dalam account Twitternya, @aw3126, menulis, "#SahabatTangguh jangan cemas bila mendapatkan potongan video ini. Ini cuma simulasi jadi belumlah ada laporan sah dari Kemenkes korban Virus Corona di Indonesia". 

Agus memberikan tambahan, "Ini video dipotong orang tidak bertanggungjawab." 

Rangkuman 

Video yang tersebar di Whatsapp itu tidak komplet. Jadi, video itu terhitung dalam content yang diakali. 

Itu hasil cek bukti dari video yang mengatakan terdapatnya pasien tersangka virus corona di Semarang, yang nyatanya tidak benar serta terhitung content kecurangan. 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman