Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Wednesday, January 15, 2020

Cara Menjaga Keamanan Windows 7 yang Dihentikan Microsoft

    windows 7 masih banyak peminat dan penggunanya




IDN NINJA - Mulai ini hari, Microsoft sah hentikan suport pembaharuan keamanan (security up-date) skema operasi (OS) Windows 7

Pemakai tetap memakai OS itu. Namun, Microsoft tidak memberi pembaharuan sekuriti dengan periodik. Dengan tidak terdapatnya up-date itu, apakah ada langkah untuk menjaka keamanan Windows 7? 

Menurut ahli keamanan siber, Alfons Tanujaya, OS yang tidak memperoleh pembaharuan keamanan memang rawan pada bermacam serangan siber. 

Baca JugaTiga Penyebab Kekalahan Barcelona Di Piala Super Spanyol

"Dengan teori, tentu Windows 7 akan rawan pada serangan bila diketemukan sela keamanan baru," tutur Alfons. 

"Karena, Microsoft tidak memberi up-date patch/tambalan bila nyatanya diketemukan sela keamanan baru," paparnya. 

Atas fundamen itu, Alfons merekomendasikan pemakai yang masih ingin menggunakan OS yang umurnya telah lebih dari satu dekade ini untuk masih waspada akan bermacam serangan siber yang mempunyai potensi membidik computer mereka. 

Salah satunya langkah mencegah yang dapat dikerjakan ialah tidak menyambungkan computer atau laptop Windows 7 dengan koneksi internet atau jaringan mana saja, agar tidak dicari oleh hacker atau program jahat yang dapat menyelinap melalui internet atau local network. 

" Computer seharusnya cuma dipakai di lingkungan tertutup," kata Alfons. 

Kalaulah harus terhubung ke jaringan lokal (LAN/ WLAN), Alfons merekomendasikan pemakai Windows 7 supaya batasi akses file share computer. Maksudnya meminimalkan penebaran program jahat seperti ransomware ke komputer-komputer lain. 

"Sekalinya computer lain di jaringan aman dari serangan, (saat) Windows 7 terserang serangan, karena itu data yang 'open share' di jaringan mempunyai potensi akan jadi korban," papar Alfons. "Ini seringkali berlangsung dalam serangan ransomware," imbuhnya. 

Bagaimana bila pemakai Windows 7 ingin masih terkoneksi ke internet? Langkah yang paling praktis ialah lakukan upgrade ke skema operasi Windows 10 yang lebih baru serta tetap mendapatkan pembaharuan sekuriti dari Microsoft. 


Windows 10 dapat didownload dengan gratis. Dengan menggunakan OS ini, pemakai computer tidak butuh lakukan beberapa langkah keamanan seperti di atas. 




Editor : binbin

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman