Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Friday, November 22, 2019

Ustad Somad Sebut Catur Haram hukumnya

   ustad somad sewaktu sedang ceramah                                                                    #idnninja



 Jakarta - Ustaz populer Abdul Somad menyetujui jika permainan catur hukumnya haram. Dalam sejarahnya, permainan catur mulai tampil di India serta sempat demikian terkenal di jaman kekhalifahan Islam. 

Tidak pernah ada bukti riwayat yang tunjukkan kapan persisnya permainan catur ini lahir. Tetapi, mencuplik buku 'A History Of Chess' karya HJR Murray', riwayat catur dapat dijelajahi 1.500 tahun waktu lalu di India. 

Olahraga ini disangka tampil di India, seputar era ke-6 Masehi, serta diberi nama chaturanga. Catur pada saat itu disangka telah menggunakan papan dengan 100 kotak. 

BACA JUGA : Meninggalnya Cecep Reza

Berawal dari India, permainan ini juga menebar ke Persia. Saat Islam berjaya di Arab serta lakukan ekspansi ke Persia, catur selanjutnya jadi permainan yang sama dengan dunia muslim. Selanjutnya permainan catur ini menebar ke Eropa Selatan serta berkembang disana. 

Tetapi, ketentuan gerakan buah catur yang kita mengenal saat ini datangnya dari Spanyol, kurang lebih pada paruh akhir era ke-15 Masehi. Permainan catur ini selanjutnya mulai dibakukan dengan standard spesial pada era ke-19. Ini diikuti oleh Wilhelm Steinitz sebagai pecatur sah pertama di dunia pada 1886.





#idnninja



SHARE : 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman