Chat with us, powered by LiveChat

UPDATE BERITA DAN INFO SETIAP HARI

Breaking

Post Top Ad

src="https://i.ibb.co/sPv2PWY/tiganol.gif"

Tuesday, June 16, 2020

Program Belajar di Rumah TVRI Tayangkan Film Wiji Thukul


IDN NINJA - Program Belajar di Rumah di TVRI besutan Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan bakal menayangkan film tentang aktivis demokrasi sekalian penyair Wiji Thukul, Tidurlah Perkata.

Bersumber pada agenda program BdR dilansir dari web formal Kemendikbud, film Tidurlah Perkata bakal tayang hari Selasa( 16/ 6) jam 21. 30 hingga 23. 30 Wib.

Tidurlah Perkata ialah film karya sutradara Yosep Anggi Noen yang dibuat 2017. Film ini menggambarkan aktivistas Wiji Thukul.

Wiji Thukul, kelahiran 23 Agustus 1963, ialah aktivis cum penyair yang melawan rezim Orde Baru Soeharto.

Ia tidak cuma mengkritik pemerintah melalui puisi. Tetapi pula bergabung dengan beberapa organisasi yang getol melancarkan perlawanan terhadap rezim Orba.

Tercatat Thukul berjuang bersama Jaringan Kerja Kesenian Rakyat( Jakker) serta Partai Rakyat Demokratik( PRD). Nama terakhir apalagi pernah dinyatakan bagaikan partai terlarang yang mengusung pandangan hidup komunisme.

Aktivitasnya tersebut membuat Thukul diprediksi jadi korban penculikan. Dia dinyatakan lenyap pada 1998 serta sampai saat ini tidak sempat ditemui lagi.

Raibnya Thukul diprediksi terdapat hubungannya dengan kejadian kerusuhan 27 Juli 1996 di kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia, Jakarta Pusat. Orde Baru menamakan kejadian itu Kudatuli, akronim dari Kerusuhan 27 Juli 1996.

Baca Juga : KSAU Perkirakan Investigasi Pesawat Jatuh di Riau Berlangsung 2

Kudatuli ialah kejadian kerusuhan yang dipicu serbuan massa pendukung politisi PDI Soerjadi yang didukung tentara Orde Baru, ke Kantor DPP PDI kala itu di kawasan Diponegoro, Menteng, Jakarta, yang dipahami pendukung Megawati Soekarnoputri.

Orde Baru menuding Partai Rakyat Demokratik bagaikan dalang dari kerusuhan tersebut. Aktivis PRD satu per satu diburu, tercantum Thukul.

Wahyu Susilo, adik dari Thukul, apalagi pernah ditangkap sebab dituduh menyembunyikan kakaknya kala diburu aparat.

Wahyu menebak dirinya ditahan di posisi kantor Tubuh Intelijen Negeri saat ini. Dia mengaku diinterogasi terpaut keberadaan kakaknya, serta disiksa dengan disetrum bila jawabannya tidak memuaskan.

Program BdR sendiri ialah kerjasama Kemendikbud serta TVRI buat memfasilitasi aktivitas belajar sekolah di tengah pandemi Covid- 19.

Minggu ini, program BdR tidak menayangkan modul pendidikan sebab telah merambah masa libur sekolah. TVRI masih menayangkan program bimbingan bersama Kemendikbud yang ditargetkan buat siswa serta kanak- kanak 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman